Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • PESANTREN GRATIS DI JAKARTA UTARA YANG DIDIRIKAN PADA TAHUN 1983 OLEH UST. ABDULLAH HANAFI
  • PESANTREN GRATIS DI JAKARTA UTARA YANG DIDIRIKAN PADA TAHUN 1983 OLEH UST. ABDULLAH HANAFI
25 April 2020

Niat Shaum

Sab, 25 April 2020 Dibaca 253x Fiqh / Niat Shoum / Shoum
Tentang Niat Shaum
Mengenai niat, kita mengetahui, bahwa itu tidak perlu dilafazhkan, tetapi cukup didalam hati saja, waktunya yaitu ketika kita makan sahur itu sudah berarti kita niat.
Dalil-dalil tentang niat shaum
1. SN: II: 3: 196
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ حَفْصَةَ عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: مَنْ لَمْ يُنَيْتِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ .
Dari Abdullah bin Umar, dari Hafshah dari Nabi, beliau berkata: Siapa saja yang tidak niat shaum sebelum shubuh, maka tidak sah shaumnya.
2. SN: II: 3: 196
عَنْ سَالِمٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ عَنْ حَفْصَةَ عَنِ النَّبِيِّ   قَالَ: مَنْ لَمْ يُنَيْتِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ.
Dari Salim dari Abdullah dari Hafshoh dari Nabi telah berkata: Siapa saja yang tidak menetapkan niat shaum sebelum fajar, maka tidak shah shaum baginya.
3. SN: II: 3: 196
عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمٍ عَنْ عَبْدِاللهِ عَنْ حَفْصَةَ عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: مَنْ لَمْ يُبَيِّتِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ.
Dari Ibnu Syihab dari Salim dari Hafshah dari Nabi  telah berkata: Siapa saja yang tidak menetapkan niat sebelum fajar, maka tidak sah, baginya shaumnya.
4. SN: II: 3: 196
عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمٍ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ حَفْصَةَ عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: مَنْ لَمْ يُجْمِعِ الصِّيَامَ قَبْلَ طُلُوْعِ الْفَجْرِ فَلاَ يَصُوْمُ.
Dari Ibnu Syihab, dari Salim bin Abdullah dari bapaknya dari Hafshah dari Nabi telah berkata: Siapa saja yang tidak mengumpulkan niat shaum sebelum fajar, maka tidak sah shaumnya.
5. SN: II: 3: 197
عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنْ حَفْصَةَ عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: مَنْ لَمْ يُبَيِّتِ الصِيَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ.
Dari Ibnu Umar, dari Hafshah dari Nabi siapa saja yang tidak menetapkan niat dari waktu malam hari maka tidak shah shaum baginya.
6. SN: II: 3: 197
عَنْ حَمْزَةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: قَالَتْ حَفْصَةُ زَوْجَ النَّبِيِّ لاَ صِيَامَ لِمَنْ لَمْ يُجْمِعْ قَبْلَ الْفَجْرِ.
Dari Hamzah bin Abdullah bin Umar dari bapaknya ia berkata: Hafshah berkata: Tidak sah shaum bagi orang yang tidak mengumpulkan niat sebelum fajar.
7. SN: II: 3: 197
عَنْ حَمْزَةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ: لاَ صِيَامَ لِمَنْ  لَمْ يُجْمِعْ قَبْلَ الْفَجْرِ.
Dari Hamzah bin Abdullah dari Abdullah bin Umar dari Hafshah telah berkata: Tidak sah shaum bagi orang yang tidak mengumpulkan niat sebelum fajar.
8. JSH: II: 108: 730
عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ حَفْصَةَ عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: مَنْ لَمْ يُجْمِعِ الصِيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ
فَلاَ صِيَامَ لَهُ.
Dari Salim bin Abdullah dari bapaknya dari Hafshah dari Nabi telah berkata: Siapa saja yang tidak mengumpulkan niat shaum sebelum fajar, maka tidak ada shaum baginya.
9. SAD: I: 565: 2454
عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ حَفْصَةَ زَوْجِ النَّبِيِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ قَالَ: مَنْ لَمْ يُجْمِعِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ.
Dari Salim bin Abdullah dari bapaknya dari Hafshoh isteri Nabi  sesungguhnya Rasulullah  telah berkata: Siapa saja yang tidak mengumpulkan shaum sebelum shubuh, maka tidak ada shaum baginya.
Keterangan:
1.      Niat adalah satu diantara syarat syahnya shaum, maka niat shaum ini harus dilakukan sebelum shubuh atau diwaktu malam hari, ini untuk shaum-shaum wajib, shaum Qodho atau shaum nadzar.
2.      Tetapi jika untuk shaum Tathowu (Sunnah) maka boleh niatnya setelah waktu shubuh sebagaimana dikatakan oleh As-Syafi’i, Ahmad dan Ishaq (JSH: III: 108)
Artikel ini memiliki

0 Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Info Sekolah

Pesantren Missi Islam Pusat Jakarta

NPSN 510031720021
Jln. Alur Laut Gg. Waru 1 RT.005 RW.03 Kp. Walang Kel. Rawabadak Selatan Kec. Koja, Jakarta Utara
TELEPON 021 4354582
EMAIL missiislampusat@gmail.com
WHATSAPP 6285883828202

Member Ustadz

TABUNGAN AKHIRAT

Bagi siapa saja kaum muslimin dan muslimat yang hendak menyalurkan infaq/ shodaqohnya untuk keperluan operasional harian pesantren termasuk makan para santri, bisa transfer ke :

No Rekening : ( 451 ) 700 995 912 7

Bank : BSI

A/N : Yayasan Missi Islam Kaaffah

Konfirmasi : 0858 8382 8202

semoga infaq/ shodaqoh para muhsinin menjadi amal ibadah dan pemberat timbangan di akhirat Amin...

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x