Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • PESANTREN GRATIS DI JAKARTA UTARA YANG DIDIRIKAN PADA TAHUN 1983 OLEH UST. ABDULLAH HANAFI
  • PESANTREN GRATIS DI JAKARTA UTARA YANG DIDIRIKAN PADA TAHUN 1983 OLEH UST. ABDULLAH HANAFI
16 Mei 2018

Sholat Qiyamu Ramadhan

Rab, 16 Mei 2018 Dibaca 560x Fiqh / Sholat Qiyamu Romadhon
Sholat Qiyamu Ramadhan
 
Qiyamu Ramadhan ialah sholat Tahajjud atau sholat malam di bulan Ramadhan, atau disebut juga pada saat sekarang ini sholat tarawih.
Dalil-Dalil Mengenai Sholat ini Sebagai Berikut
1. SB: I: Juz: 2: 251
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ لِرَمَضَانَ مَنْ قَامَهُ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.
 
Dari Abu Hurairah ra telah berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Shollallohu`alaihi wasallam bersabda untuk bulan Ramadhan: Siapa saja yang bangun (sholat malam) dengan iman dan ikhlas maka diampuni dosanya yang telah lalu
2.SB: I: Juz: 2: 251
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاخْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
 
Dari Abu Huroiroh ra telah baerkata: Sesungguhnya Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam bersabda: Siapa saja yang bangun (sholat malam) pada bulan Romadhon dengan rasa iman dan ikhlas maka diampuni baginya dosa yang telah lalu.
3. SM: I: 338: 173
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاخْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
 
Dari Abu Huroiroh ra, sesungguhnya Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam bersabda: Siapa saja yang bangun (sholat malam) pada bulan Romadhon dengan iman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang lalu.
Rosulullah saw Sangat Menganjurkan Agar Gemar Bangun Malam untuk Qiyamu Romadhon.
Dalil-dalilnya
1.SM: I: 338: 174
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  رضي الله عنه قَالَ: كَانَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم يَرْغَبُ فِى قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْ مُرَهُمْ بِعَزِيْمَةٍ فَيَقُوْلُ: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانَ وَاحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ فَتُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَاْلأَمْرُ عَلَى ذاَلِكَ ثُمَّ كَانَ اْلأَمْرُ عَلَى ذاَلِكَ فِى خِلاَفَةِ أَبِى بَكْرٍ وَصَدْرًا فِى خِلاَفَةِ عُمَرَ عَلَى ذلِكَ 
   
Dari Abu Huroiroh ra telah berkata: Adalah Rosululla Shollallohu`alaihi wasallam gemar pada qiyamu Romadhon, tetapi tidak memerintahkan mereka dengan suatu kewajiban (Azimah). Kemudian beliau bersabda: Siapa saja yang bangun malam bulan Romadhon (untuk sholat) dengan iman dan ikhlas diampuni baginya dari dosanya yang telah lalu. Kemudian beliau di wafatkan dan adapun urusan (bangun malam untuk sholat) tetap berjalan. Kemudian urusan tersebut berjalan pada masa Khalifah Abu Bakar dan pertengahan pada masa kekholifahan Umar. Urusan itu tetap berlaku.
2. SAD: I: 321: 1371
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  رضي الله عنه قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَرْغَبُ فِى قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَ هُمْ بِعَزِيْمَةٍ ثُمَّ يَقُوْلُ: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا واحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ فَتُوُفِّيَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَاْلأَمْرُ عَلَى ذلِكَ ثُمَّ كَانَ اْلأَمْرُ عَلَى ذلِكَ فِى خِلاَفَةِ أَبِى بَكْرٍ رضي الله عنه وَصَدْرًا مِنْ خِلاَ فَةِ عُمَرَ رضي الله عنه.
 
Dari Abu Huroiroh ra telah berkata: Adalah Rosululla Shollallohu`alaihi wasallam menggemarkan untuk Qiyamu Romadhon. Tetapi tidak memerintahkan mereka dengan keharusan. Kemudian beliau bersabda: Siapa saja yang bangun malam (untuk sholat) bulan Romadhon dengan iman dan ikhlas, diampuni baginyya dosa yang telah lalu. Kemudian Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam diwafatkan dan urusan (bangun malam) tetap berjalan. Kemudian urusan tersebut berjalan pada masa kholifah Abu Bakar ra dan juga pertengahan Kholifah Umar ra.
Keterangan
  1. Qiyamu Romadhon ialah sholat dimalam hari bulan Romadhon.
  2. Di bulan lain disebut Qiyamu Lail atau Tahajjud.
  3. Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam sangat menganjurkan untuk Qiyamu Romadhon ini, tetapi sebagai anjuran tidak wajib.
Qiyamu Romadhon Pada Zaman Rosulullah saw.
Qiyamu Romadhon pada zaman Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam dikerjakan pada tengah malam dan sendiri-sendiri dalam arti tidak ada yang imam dan ma’mum. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits
1. SB: I: Juz: 2: 252
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله ُعَنْهَا أَخْبَرَتْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم خَرَجَ لَيْلَةَ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ فَصَلَّى فِى الْمَسْجِدِ وَ صَلَّى رِجَالٌ بِصَلاَتِهِ فَأَصْبَحَ النَّاسُ فَتَحَدَّثُوْا فَاجْتَمَعَ أَكْثَرُ مِنْهُمْ فَصَلُّوْا مَعَهُ فَأَصْبَحَ النَّاسُ فَتَحَدَّثُوْا فَكَثُرَ أَهْلُ الْمَسْجِدِ مِنَ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ فَخَرَجَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَصَلَّى فَصَلَّوا بِصَلاَتِهِ فَلَمَّا كَانَتْ الثّاَنِيَةِ الرَّابِعَةُ عَجَزَ الْمَسْجِدُ عَنْ أَهْلِهِ حَتَّى خَرَجَ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ فَلَمَّا قَضَى الْفَجْرَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَتَشَهَّدَ ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّهُ لَمْ يَخْفَ عَلَيَّ مَكَانُكُمْ وَلَكِنِّيِ خَشِيْتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ فَتَعْجِزُوْا عَنْهَا فَتُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَاْلأَمْرُ عَلَى ذلِكَ
 
Dari Aisyah ra telah menceritakan bahwa Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam telah keluar suatu malam pada tengah malam, maka beliau sholat didalam Masjid dan beberapa orang laki-laki juga sholat dengan sebab beliau sholat. Pada pagi hari orang-orang pada bercerita (tentang sholat malam beliau). Maka telah berkumpullah lebih banyak lagi dari mereka, lalu mereka sholat bersama beliau. Pagi harinya lagi orang-orang pada bercerita, maka bertambah banyak lagi ahli Masjid dibandingkan hari ketiga. Kemudian Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam pergi (ke Masjid) lalu sholat, maka merekapun sholat dengan sebab sholat beliau. Maka tatkala pada malam ke empat Masjid penuh sesak dari ahlinya sampai beliau keluar untuk sholat shubuh. Maka tatkala selesai sholat shubuh beliau menghadap kepada orang-orang, lalu beliau membaca tasyahhud, kemudian beliau mengucapkan amma ba’du: Sesungguhnya tidak lepas dari perhatianku keberadaan kalian (disini) tetapi aku takut/khawatir (hal ini) akan dijadikan fardhu atas kamu lalu kamu sekalian lemah tentang hal itu kemudian Rasulullah Shollallohu`alaihi wasallam diwafatkan dan urusan (qiyamu Romadhon) berjalan seperti itu.
2. SM: I: 328: 177
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله ُعَنهَا أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم صَلَّى فِى الْمَسْجِدِ ذاَتَ لَيْلَةٍ فَصَلَّى بِصَلاَتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنَ الْقَابِلَةِ فَكَثَرَالنَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوْا مِنَ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ: قَدْ رَأَيْتُ الَّذِى صَنَعْتُمْ فَلَمْ يَمْنَعْنِيْ مِنَ الْخُرُوْجِ إِلَيْكُمْ إِلاَّ أَنِّيْ خَشِيْتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذلِكَ فِى رَمَضَانَ
 
Dari Aisyah ra: Sesungguhnya Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam telah sholat di Masjid suatu malam, lalu sholat juga orang-orang dengan sholatnya beliau itu. Kemudian beliau sholat lagi pada hari berikutnya, maka orang-orang bertambah banyak. Kemudian pada hari ketiga atau keempat mereka berkumpul, tetapi Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam tidak keluar menemui mereka. Maka tatkala shubuh beliau berpidato: Sungguh-sungguh aku tahu yang kalian lakukan dan tidak ada yang menghalangiku untuk keluar menemui kamu sekalian, hanya saja aku khawatir akan difardhukan kepada kamu sekalian, dan hal itu terjadi pada bulan Romadhon.
3. SM: I: 339: 178
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله ُعَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم خَرجَ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ فِى الْمَسْجِدِ فَصَلَّى رِجَالٌ بِصَلاَتِهِ فَأَصْبَحَ النَّاسُ يَتَحَدّ َثُونَ بِذاَلِكَ فَاجْتَمَعَ أَكْثَرُ مِنْهُمْ فَخَرَجَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى اللَّيْلَةِ الثَّانِيَةِ فَصَلُّوْا بِصَلاَتِهِ فَأَصْبَحَ النَّاسُ يَذْكُرُوْنَ ذاَلِكَ فَكَثَرَ أَهْلُ الْمَسْجِدِ مِنَ اللَّيْلِ الثَّالِثَةِ فَخَرَجَ إِلَيْهِمْ بِصَلاَتِهِ فَلَمَّا كَانَتِ اللَّيْلَةَ الرَّابِعَةُ عَجَزَ الْمَسْجِدُ عَنْ أَهْلِهِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَطَفِقَ رِجَالٌ مِنْهُمْ يَقُوْلُوْنَ:الصَّلاَةُ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم حَتَّى خَرَجَ لِصَلاَةِ الْفَجْرِ فَلَمَّا قَضَى الْفَجْرَأَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ ثُمَّ تَشَهَّدَ فَقَالَ: أَمَّا بَعْدُ فَإِ نَّهُ  لَمْ يَخْفَ عَلَيَّ شَأْ نُكُمُ اللَّيْلَةَ وَلَكِنِّى خَشِيْتُ أَنْ تُفْرَضَ علَيْكُمْ صَلاَةُ اللَّيْلِ فَتَعْجِزُوْا عَنْهَا
 
Dari Aisyah ra sesungguhnya Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam pada waktu tengah malam pergi ke Masjid. Maka beberapa orang laki-laki sholat dengan sebab sholat beliau itu. Pada waktu pagi hari orang-orang bercerita tentang sholat malam Rosulullah. Lalu mereka berkumpul lebih banyak lagi. Kemudian Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam tetap pergi dimalam kedua, mereka sholat dengan sholatnya beliau. Kemudian pagi-pagi orang-orang menyebut-nyebut kejadian malam itu. Pada malam ketiga orang-orang bertambah banyak lagi. Kemudian beliau keluar menemui mereka dengan sholatnya. Pada malam keempat, Masjid penuh sesak dari ahlinya, tetapi Rosulullah saw tidak keluar untuk menemui mereka, maka beberapa orang laki-laki di antara mereka berteriak-teriak sambil mengucapkan: Sholat ! tetapi Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam tetap saja tidak keluar menemui mereka, sehingga/sampai beliau keluar untuk sholat shubuh. Maka tatkala selesai sholat shubuh, beliau menghadap kepada orang-orang, kemudian beliau membaca syahadat, lalu bersabda: Amma ba’du maka sesungguhnya aku tahu apa yang kalian lakukan semalam, akan tetapi aku khawatir (sholat ini) akan dijadikan fardhu untuk kalian, lalu kalian lemah (tidak kuat).
Ketrerangan
  1. Qiyamu Romadhhon yang dilakukan Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam adalah: Min Jaufil Lail Artinya tengah malam. Ini berdasarkan zhohir hadits diatas.
  2. Zhohir hadits menjelaskan, beberapa orang laki-laki sholat dengan sebab sholat beliau.
  3. Sebab sholat Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam, ini bukan dalil yang menunjukan adanya berjamaah.
  4. Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam sholat di Masjid selama tiga kali (tiga malam) Dengan berturut-turut, kemudian malam ke empat beliau tidak ke Masjid, tetapi beliau sholat dirumah, juga bukan berarti sholat di Masjid dilarang, hanya saja beliau khawatir, jika terus-terusan di lakukan di Masjid, Qiyamu Romadhon. Dianggap wajib.
  5. Pada hari ke empat beliau tidak datang ke Masjid, itu sebagai bayan (penjelasan) beliau, bahwa Qiyamu Romadhon itu Sunnah Rosulullah adalah dilakukan sendiri.
Bilangan Rokaat Qiyamu Romadhon dan Kaifiyatnya
Berdasarkan amalan Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam dan para shohabatnya, bilangan rokaat Qiyamu Romadhon itu adalah sebelas rokaat, dikerjakan empat rokaat sekaligus salam, empat rokaat salam dan terakhir tiga rokaat, dalil-dalil tentang hal itu adalah
1.SB: I: juz: 2: 47
عَنْ عَبْدِالرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ الله ُعَنْهَا كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ ؟ فَقَالَتْ: مَكَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثًا فَقَالَتْ: عَائِشَةَ فَقُلْتُ: يَارَسُولَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ؟ فَقَالَ: يَاعَائِشَةَ: إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلاَيَنَامُ قَلْبِيْ
 
Dari Abdurohman: Sesungguhnya ia bertanya kepada Aisyah ra bagaimana sholat Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam di bulan Romadhon? Maka ia menjawab: Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam tidak ada menambah dibulan Romadhon dan tidak dibulan lainnya hanya sebelas rokaat. Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan tentang bagusnya dan panjangnya. Kemudian Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan tentang bagusnya dan panjangnya.kemudian beliau sholat tiga rokaat, maka Aisyah berkata: Aku bertanya: Ya Rosulullah ! Apakah Engkau tidur sebelum sholat witir? Lalu beliau menjawab: Ya Aisyah, sesungguhnya kedua mataku tidur, tetapi hatiku tidak.
2. SB: I: Juz: 2 : 252
عَنْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِالرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ الله ُعَنْهَا كَيْفَ كاَنَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ ؟ فَقَالَتْ: مَاكَانَ يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهَا عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلَّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسِنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ ثُمَّ يُصَلَّى ثَلاَثًا فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ ؟ قَالَ: يَاعَائِشَةَ : إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلاَ يَنَامُ قَلْبِيْ
 
Dari Salamah bin Abdurohman, sesungguhnya ia bertanya kepada Aisyah ra bagaimana adanya sholat Rosulullah Shollallohu`alaihi wasallam di bulan Romadhon? Maka ia menjawab: Tidak ada tambahan (rokaat) dibulan Romadhon dan tidak dibulan lainnya, hanya sebelas rokaat. Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan, bagusnya, dan panjangnya kemudian Beliau sholat empat rokaat, maka jangan kamu tanyakan, bagusnya, dan panjangnya kemudian beliau sholat tiga rokaat, lalu aku (Aisyah) bertanya: Ya Rosulullah apakah Engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab: Ya Aisyah, sesungguhnya kedua mataku tidur tetapi hatiku tidak.
3. SM: I: 329:125
عَنْ أَبِى سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَ نَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ الله ُعَنْهَا كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ ؟ قَالَتْ: مَاكَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلَّى ثَلاَثًا فَقَالَتْ عَائِشَةُ فَقُلْتُ: يَارَسُولَ اللهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْتِرَ؟ فَقَالَ: يَاعَائِشَةَ: إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلاَ يَناَمُ قَلْبِيْ.
Artinya: lihat SB: I: Juz: 2: 47/252.
4. SAD: I: 313: 1341
عَنْ أَبِى سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِالرَّحْمَنِ أَ نَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِيِ صلى الله عليه وسلم كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى رَمَضَانَ ؟ فَقَالَتْ: مَاكَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ  ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّىثَلاَثًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ قَالَتْ عَائِشَةُ فَقُلْتُ: يَارَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْتُوْتِرَ ؟ فَقَالَ: يَاعَائِشَةَ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلاَ يَنَامُ قَلْبِيْ.
Artinya: lihat hadits: SB: I: Juz: 2: 47/252
Keterangan
1.  Dari keterangan hadits riwayat SB: I: Juz: 2: 47/252, SM: I: 324: 125 dan SAD: I: 313: 1341 dengan jelas sekali, bahwa bilangan rokaat sholat Tarawih atau Qiyamu Romadhon atau Qiyamul Lail tidak lebih dan tidak kurang dari sebelas rokaat.
2.   Kaifiyat pelaksanaannya adalah:
·      Qiyamu Romadhon empat rokaat salam, empat rokaat salam dan tiga rokaat salam, tidak ada duduk tahiyyat awwal (langsung tanpa duduk dua rokaat)
·      Qiyamul Lail (di luar bulan Romadhon) dua rokaat salam, sampai lima kali.
3.  Dengan hadits-hadits shohih yang menjelaskan tentang bilangan rokaat hanya sebelas, maka jika ada hadits yang menjelaskan lebih atau kurang dari sebelas rokaat, maka hadits tersebut adalah lemah/dhoif.
4. Dengan sholat Qiyamu Romadhon/ Tarawih, maka sholat Tahajjud atau Qiyamul Lail pada bulan itu tidak ada.
Sejarah Timbulnya Sholat Tarawih Berjamaah.
Timbulnya tarawih/Qiyamu Romadhon berjamaah, kalaupun riwayat tersebut dianggap benar, adalah dimasa kholifah Umar Bin Khotob ra pertengahan. Disaat Kholifah Umar ra dan Abdur-Rohman bin Abdul Qori keluar malam berkeliling/ronda misalnya:
SB : I: Juz: 2: 342
عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَبْدِالرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ الْقَارِئِ أَنَّهُ قَالَ: خَرَجْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رضي الله عنه لَيْلَةَ فِى رَمَضَانَ إِلَى الْمَسْجِدِ فَإِذَا النَّاسُ أَوْزَاعٌ مُتَفَرِّقُوْنَ يُصَلِّى الرَّجُلُ لِنَفْسِهِ وَيُصَلَّى الرَّجُلُ فَيُصَلِّى بِصَلاَتِهِ الرَّهْطُ فَقَالَ عُمَرَ : إِنِّى أَرَى لَوْ جَمَعْتُ هَؤُلاَءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ لِكَانَ أَمْثَلَ ثُمَّ عَزَمَ فَجَمَعَهُمْ عَلَى أُبِيِّ بْنِ كَعْبٍ ثُمَّ خَرَجْتُ مَعَهُ لَيْلَةٌ اُخْرَى وَالناَّسُ يُصَلُّوْنَ بِصَلاَةٍ قَارِئِهِمْ قَالَ عُمَرَ: نِعْمَ الْبِدْعَةُ هَذِهِ وَالَّتِى يَنَامُوْنَ عَنْهَا أَفْضَلُ مِنَ الَّتِى يَقُوْمُوْنَ يُرِيْدُ أَخِرَ اللَّيْلِ وَكَانَ الناَّسُ يَقُوْمُوْنَ أَوَلَهُ.
 
Dari Ibnu Syihab, dari Urwah bin Jubair dari Abdur-Rohman bin Qori: Sesungguhnya ia berkata: Aku keluar bersama Umar bin Khotob ra pada suatu malam di bulan Romadhon menuju Masjid. Maka tiba-tiba orang-orang berkelompok-kelompok terpisah-pisah, seorang laki-laki sholat untuk dirinya sebab sholatnya orang tersebut, maka Umar bertanya: Sesungguhnya aku punya pandangan, seandainya aku kumpulkan mereka, dengan seorang imam sepertinya layak benar. Kemudian Azam mengumpulkan mereka (di laksanakan) oleh Ubay bin Ka’ab. Kemudian aku keluar (lagi) bersama Umar pada malamlain, dan orang-orang sholat dengan sholat yang (di imami) seorang imam. Umar berkata: Bid’ah yang dianggap baik (barang kali) ini, hanya saja mereka yang tidur (saat) itu lebih utama dari pada mereka yang sedang sholat, yang di maksud (sholatnya) di akhir malam. Sedangkan orang-orang sholat diawal malam
Keterangan
  1. Hadits ini disebut riwayat atau hadits juga tapi mauquf, karena beritanya hanya sampai kepada shohabat yaitu Umar bin Khotob, tidak sampai kepada Nabi.
  2. Jika riwayat tersebut, sanadnya bersambung dan rowinya Tsiqoh semua, maka riwayat itu dianggap riwayat shohih, tetap saja nilainya masih sebagai hadits mauquf.
  3. Karena masih banyak hadits marfu yang shohih, seperti: SB: I: Juz: 2:47/252, SM: I: 329: 125 dan SAD: I: 313: 13141 maka kita mendahulukan hadits dari pada riwayat.
  4. Sesuai dengan perintah Allah SWT. Di dalam Qs: 33:21.

Dan jika ada pertentangan dalam suatu urusan maka kembalikan kepada Allah dan Rosulnya Qs: 4: 59.

Ket :
SB : Shohih Bukhori
SM : Shohih Muslim
SAD : Sunan Abu Dawud

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Info Sekolah

Pesantren Missi Islam Pusat Jakarta

NPSN 510031720021
Jln. Alur Laut Gg. Waru 1 RT.005 RW.03 Kp. Walang Kel. Rawabadak Selatan Kec. Koja, Jakarta Utara
TELEPON 021 4354582
EMAIL missiislampusat@gmail.com
WHATSAPP 6285883828202

Member Ustadz

TABUNGAN AKHIRAT

Bagi siapa saja kaum muslimin dan muslimat yang hendak menyalurkan infaq/ shodaqohnya untuk keperluan operasional harian pesantren termasuk makan para santri, bisa transfer ke :

No Rekening : ( 451 ) 700 995 912 7

Bank : BSI

A/N : Yayasan Missi Islam Kaaffah

Konfirmasi : 0858 8382 8202

semoga infaq/ shodaqoh para muhsinin menjadi amal ibadah dan pemberat timbangan di akhirat Amin...

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x