Kedudukan Basmalah didalam shalat
Ahli fiqih berbeda pendapat mengenai bacaan Basmalah didalam shalat:
فَذَهَبَ مالك رحمه الله إلى منع قراء تها في الصلاة المكتوبة جهرا كانت أو سرّا. لا في استفتاح أم القرأن ولا في غيرها من السور وأجاز قراء تها في الناف
Imam Malik Rahimahullah berpendapat, ia menolak membaca Basmalah didalam shalat yang Fardhu, baik sholat itu jahar atau sirr, tidak didalam memulai Ummul Qur’an dan tidak pada surat-surat yang lain dan ia membolehkan membacanya pada sholat-sholat Nafilah/Sunnah.
وذهب أبوحنيفة رحمه الله إلى أنّ المصلّي يقرؤ ها سرّا مع الفاتحة في كلّ ركعة من راكعات الصلاة وإن قرأها مع كلّ سورة فحسن
Bahwa Musholli orang yang shalat membacanya secara sirr bersama Al-fatihah pada tiap-tiap rakaat dari rakaat shalat, dan jika membaca bersama tiap-tiap surat maka itu bagus.
وقال السافعى رحمه الله : يقرؤها المصلّي وجوبا في الجهر جهرا وفي السرّ سرّا
Membacanya Musholli (orang shalat) adalah wajib, didalam (sholat jahar) maka Basmalahnya jahar dan pada (sholat sir) Basmalahnya sir.
قَالَ أحمد بن حنبل يقرأ ها سرا ولا يسنّ الجهر بها
Membaca Basmalah itu sir dan tidak di Sunnahkan jahar pada Basmalah
Keterangan
Ada empat macam pendapat mengenai bacaan Basmalah didalam sholat yaitu:
Inilah pendapat Imam yang empat tentang bacaan Basmalah didalam sholat.
Pandangan Ulama-Ulama Salaf Tentang Ikhtilafnya Basmalah
IBNU AL-JAUZY BERPENDAPAT (LIHAT RB: II/54)
وقد اختلف العلماء هل البسملة من الفاتحة أم لا ؟ فأمّا من قال:إنّها من الفاتحة فإنه يوجب قراءتها في الصلاة إذا قال بوجوب الفاتحة. وأمّا من لم يرها من الفاتحة فإنّه يقول : قراءتها في الصلاة سنة. ما عدا مالكا رحمه الله فإنّه لا يستحب قراءتها في الصلاة
Ulama sungguh-sungguh telah berbeda pendapat apakah Basmalah bagian dari surat Al-fatihah atau bukan? Maka adapun orang yang berpendapat: Sesungguhnya Basmalalh itu bagian dari Al-Fatihah, maka membacanya didalam sholat itu wajib, jika membaca fatihahnya dianggap wajib. Dan adapun orang yang tidak berpendapat Basmalah bukan dari Al-fatihah.
DIDALAM ST: I : 154: 244 DIJELASKAN:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيْعٍ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ حَدَّثَنَا سَعِيْدُ الْجُرَيْرِيُّ عَنْ قَيْسِ بْنِ عَبَايَةَ عَنِ ابْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ: سَمِعَنِي أَبِى وَأَنَا فِي الصَّلَاةِ أَقُوْلُ: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . فَقَالَ لِيْ: يابُنَيَّ مُحْدَثٌ إِيَّاكَ وَالْحَدَثَ.قَالَ: وَلَمْ أَرَ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صلّى الله عليه وسلّم كَانَ أَبْغَضَ إِلَيْهِ الْحَدَثُ فِي اْلإِسْلاَمِ. يَعْنِى مِنْهُ وَقَالَ: وَقَدْ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صلّى الله عليه و سلّم وَمَعَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَلَمْ أَسْمَعَ أَحَدًا مِنْهُمْ يَقُوْلُهَا فَلاَ تَقُلْهَا إِذَا أَنْتَ صَلَّيْتَ فَقُلْ: اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ.
Bercerita kepada kami Ahmad bin Mani, bercerita kepada kami Ismail bin Ibrohim, bercerita kepada kami Sa’id Al-Juroiri dari Qois bin Abayah dari Ibnu Abdullah bin Mugoffal, telah berkata: Ayahku mendengar aku didalam sholat membaca Bismillahir Rohmanir Rohiim. Maka ia berkata kepadaku: Hai anakku itu adalah bid’ah, jauhilah masalah yang mengada-ada (bid’ah). Ia berkata: Dan aku tidak melihat seorangpun dari shohabat Rasulullah saw, yang lebih benci kepada bid’ah didalam yakni (Basmalah), dan ia berkata: Dan sungguh-sungguh aku pernah sholat bersam Nabi saw dan bersama Abu Bakar, bersama Umar dan bersama Utsman, maka aku tidak pernah mendengar dari mereka yang mengucapkannya. Maka kamu jangan mengucapkannya, apabila kamu sholat, maka ucapkanlah “Alhamdulillahi Robbil Alamin.”
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ.حَدَّثَنَا أَبُوْ عَوَانَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلّى الله عليه وسلّم وَأَبُوْ بَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَانُ يَفْتَتِحُونَ الْقِرَاءَةَ بِـ الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Telah bercerita kepada kami Qutaibah, bercerita kepada kami Abu Awanah dari Qotadah dari Anas telah berkata; Adalah Rasulullah saw, Abu Bakar, Umar dan Utsman memulai bacaandengan “Alhamdulillahi Robbil Alamin”.
Keterangan
لَا يرون أَن يَجهر ببسم الله الرحمن الرحيم. قالوا ويقولها في نفسه
Mereka tidak melihat /berpendapat menjaharkan: Bismilahi Rohmanir Rohim, mereka berkata: Dan membacanya didalam dirinya. (ST:I/155)
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ: سَمِعْتُ قَتَادَةَ يُحَدِّثُ عَنْ أَنَسٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلّى الله عليه وسلّم وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَلَمْ أَسْمَعْ أَحَدًا مِنْهُمْ يَقْرَأُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحَيْمِ
Bercerita kepada kami Syu’bah, ia berkata: Aku pernah mendengar Qotadah bercerita dari Anas ia berkata: Aku pernah sholat bersama Rasulullah saw, Abu Bakar, Umar dan Utsman, maka aku tidak mendengar seorang diantara mereka yang membaca: Bismillahir Rohmanir Rohim.
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ في هَذَا اْلإِسْنَادِ وَزَادَ: قَالَ شُعْبَةُ فَقُلْتُ لِقَتَادَةَ: أَسَمِعْتَهُ مِنْ أَنَسٍ؟ قَالَ: نَعَمْ: نَحْنُ سَأَلْنَاهُ عَنْهُ
Bercerita kepada kami Syu’bah, didalam isnad ini dan ada tambahan: Syu’bah berkata: Maka aku bertanya kepada Qotadah: Apakah engkau telah mendengarnya dari Anas? Ia menjawab: Ya. Kami bertanya kepadanya tentang Basmalah.
عَنْ قَتَادَةَ أَنَّهُ كَتَبَ إِلَيْهِ يُخْبِرُهُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ قَالَ:صَلَّيْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ صلّى الله عليه و سلّم وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَكَانُوْا يَسْتَفْتِحُوْنَ بِـ الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لَا يَذْكُرُوْنَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ في أَوَّلِ قِرَاءَةٍ وَلَا في آخِرِهَ
Dari Qotadah, sesungguhnya ia telah menulis kepadanya, ia mengkhobarkannya dari Anas bin Malik bahwa ia telah menceritakannya, ia berkata: Aku pernah sholat dibelakang Nabi saw, Abu Bakar, Umar dan Utsman, maka ada, mereka memulai (sholat) dengan اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَmereka tidak menyebut
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ pada permulaan Qiroah (bacaan) dan tidak pada akhirnya.
Kesimpulan
Melihat berbagai pendapat tentang kedudukan Basmalah didalam sholat, seperti:
0 Komentar